RUANG BACA DI RUMAH

Sumber: Kompas | Jumat, 06 Desember 2019 Hal 15

Ruang Baca Di Rumah

Siapa pun yang gemar membaca pasti memahami betapa menyenangkannya menghabiskan waktu dengan membaca buku favorit. Kegiatan ini bisa dilakukan di mana saja terutama di rumah ketika bersantai. Untuk meningkatkan kualitas baca, kita bisa menciptakan sudut baca yang nyaman.

Jika koleksi buku kita banyak, memiliki perpustakaan memang lebih oke. Namun, saat ini kita biasa di ruang huni yang relatif lebih kecil, baik di rumah tapak maupun apartemen. Menyediakan ruangan khusus untuk perpustakaan mungkin menjadi lebih merepotkan. Namun, kita tetap bisa berkreasi dengan memanfaatkan bagian-bagian tertentu rumah.

Sudut baca yang nyaman bisa jadi mengambil tempat di ruang keluarga, kamar tidur, teras belakang, atau bahkan balkon. Sebaiknya pilih ruangan yang tenang dan tidak banyak dilalui orang agar aktivitas membaca tak gampang terganggu. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, Anda justru bisa mengoptimalkan penampilannya.

Hal kedua yang patut diperhatikan adalah rak penyimpanan buku. Jika memungkinkan, letakkan rak di dekat ruang baca. Kita bisa menggunakan misalnya sofa yang bagian bawahnya sekaligus disekat menjadi rak buku atau menggantung rak di dinding. Rak juga akan terlihat lebih rapi seolah-olah berada di dalam dinding sehingga permukaan rak sejajar dengan permukaan dinding (built-in). Namun, ini hanya bisa dilakukan apabila letak perpustakaan sudah ditentukan ketika kita mulai membangun rumah.

Pertimbangkan pula penerangan. Sebisa mungkin upayakan ada ventilasi yang memberikan pencahayaan alami sekaligus mendukung sirkulasi udara yang baik. Selain itu, letakkan lampu di langit-langit yang cukup mampu memberikan penerangan merata untuk keseluruhan ruangan. Untuk kebutuhan membaca pada malam hari, Anda masih membutuhkan penerangan tambahan, Anda bisa meletakkan standing lamp atau lampu meja.

Kita bisa berkreasi lebih jauh dengan memersonalisasi sudut baca, misalnya dengan menghiasnya dengan aksesori yang berkaitan dengan buku kesayangan atau meletakkan vas berisi bunga segar di meja baca. Anda bahkan bisa membuat sendiri karya tangan seperti kartu atau pajangan berisikan kutipan-kutipan dari penulis favorit. Ruang baca pun menjadi lebih hidup.