KERAJAAN KUPU-KUPU DI JANTUNG NUSANTARA

Sumber: Kompas | Kamis, 29 September 2019 | Hal 17
Kerajaan Kupu-Kupu Di Jantung Nusantara

Di bagian selatan Sulawesi, di antara perbukitan kars yang membentang, kerajaan kupu-kupu Bantimurung berkuasa. Wilayah yang sekarang menjadi taman nasional ini merupakan salah satu wilayah yang dieksplorasi oleh naturalis lnggris, Alfred Russel Wallace, pada bulan Agustus hingga November 1857. Selama kurun waktu tersebut, Wallace berhasil mengumpulkan ratusan jenis kupu-kupu, beberapa di antaranya merupakan jenis endemik.

Jumlah Spesies Kupu-kupu di Bantimurung
Jenis kupu-kupu yang teridentifikasi di TN Bantimurung Bulusaraung jumlahnya mencapai ratusan, Alfred  Russel Wallace rnemperkirakan terdapat 232 jenis kupu-kupu. Perkembangan terakhir pada tahun 2018 berjumlah 247 jenis teridentifikasi olen TN Babul.

Lepidoptera
Kupu-kupu adalah serangga yang rnasuk ke dalam bangsa Lepidoptera. Ada sekitar 180.000 jenis Lepidoptera yang diketahui di dunia. Kupu-kupu (Papilmnidae) hanya sekitar 12% saja dari jumlah tersebut, selebihnya masuk dalam jenis ngenga (Moth) Sekilas kupu-kupu dan ngengat terlihat mirip, padahal banyak perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan Kupu-kupu dan Ngengat

Kupu-kupu
Aktif di siang hari antena tipis memanjang dan ujung membulat beristirahat dengan  menegakkan sayap variasi sayap lebih beragam (warna, corak, bentuk, ukuran)

Ngengat
Aktif di malam hari antena panjang tebal dengan ujung tipis dan lebih berbulu beristirahat dengan Membentangkan sayap . Sayap cenderung gelap, kusam dan kelabu

Troides Hypolitus
Salah satu kupu-kupu endemik Sulawesi dan sebagian Maluku Sering dijumpai di lahan terbuka, pinggiran hutan, dan wilayah karst. Betina dan jantan juga berbeda secara fisik. Mudah dibudidayakan dan bernilai ekonomis tinggi.

Troides Haliphron
Kupu-kupu raja ini berukuran lebih kecil dibanding jenis Troides Sulawesi lainnya. Termasuk jenis yang dilindungi dan lebih sulit dijumpai di alam. Troides haliphron sudah bisa dibudidayakan juga.

Troides Ublongomaculatus
Jenis ini baru masuk ke dalam daftar kupu-kupu yang dilindungi di tahun 2018. Kupu-kupu batinanya mempunyai warna yang cenderung coklat.

Wallace membuat jurnal berjudul "The Malay Archipelago" yang salah satunya memuat hasil eksplorasinya Selama di Bantimurung. Wallace menggambarkan kekagumannya pada kekayaan jenis kupu-kupu di Bantimurung. Secara keseluruhan, dia berhasil mengumpulkan 232 jenis kupu-kupu, yang terdiri dan 139 jenis Papillondae, 70 jenis Moths, dan 23 jenis Hesperidae (Alfred Russel Wallace).

Graphium Androcles
Ciri yang menonjol dari kupu-kupu ini adalah ekornya yang putih panjang seperti ekor walet. Sayapnya yang lebar dan ekornya yang panjang membuatnya sangat mudah di kenali bahkan saat terbang. Jenis ini termasuk jarang ditemukan. Wallace paling terkesan dengan kupu-kupu ini Graphium Androcles biasa hadir sekitar bulan april. Sayap depan bagian atasnya berwarna hitam dengan garis tipis putih sebanyak 2 buah. Sayap depan bawah berwarna putih dengan garis diagonal hitam sebanyak 3 buah. Ekor putin panjang seperti ekor burung walet. Badan berwarna hitam dengan sisi dalam berwarna putih.

Cethosia Myrina
Salah satu kupu-kupu endemik Sulawesi ini masuk kedalam keluarga jenis nymphalidae. Terdapat empat subspesies Cethosia Myrina yang terdapat di Sulawesi.

Troides Helena
Salah satu kupu-kupu yang dilindungi ini termasuk jenis yang mudah dibudidayakan melalui penangkaran. Kupu-kupu ini memiliki deretan titik hitam pada sayap berkisar 13-17 cm. Betina dan jantan mempunyai perbedaan fisik yang cukup terlihat.

Tanaman Pakan Kupu-kupu
ketika siklus mencapai fase  image, makanan utamanya adalah nektar bunga Namun, ada juga yang memiliki preferensi makanan yang tidak biasa, seperti buah, urin, bahkan kotoran. kupu-kupu menjadi agen yang membantu pembuahan nada beragam tanaman.

Beberapa tanaman yang menjadi pakan bagi imago di antaranya:
Asoka saraca Asoca
Lada-lada Melia Azedarach
Bunga sepatu hibiscus Rosasinensis
Paregrina Jatropha Integerrima

Tanaman Pakan Larva
Preferensi pakan larva kupu-kupu cenderung terbatas. Pada beberapa kasus, lanva kupu-kupu menjadi hama bagi tanaman pertanian, perkebunan dan kehutanan.

Beberapa tanaman yang menjadi pakan bagi larva kupu-kupu di antaranya:
Sirih Hutan Aristolochia Tagala
Jeruk Citrus Sp
Lada-lada Micromelum Minutum
Lelak Uvaria Rufa

Siklus Hidup Kupu-kupu
Kupu-kupu adalah serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Satu siklus hidupnya membutuhkan waktu yang benvariasi tergantung jenis dan musim. Satu siklus hidup kupu-kupu berkisar 1-2 bulan.

Telur
Kupu-kupu (imago) betina akan meletakkan telurnya di atas atau di dekat tanaman pakan larvanya agar kebutuhan energi larva dapat terpenuhi.

Larva (Ulat)
Pada fase ini, larva kupu-kupu aktif makan dan membutuhkan asupan makanan yang sangat banyak untuk energi yang akan digunakan pada fase pupa hingga imago nanti.

Pra pupa
Larva yang telah tumbuh sempurna dan bersiap menjadi pupa.

Pupa (kepompong)
Di dalam kepompong berlangsung proses perubahan fisik dan ulat menjadi kupu-kupu, Pupa biasanya manggantung pada cabang atau ranting. Fase ini berlangsung 10 hari hingga 3 minggu tergantung jenis kupu-kupunya.

Imago
Fase ini biasa kita sebut kupu-kupu dan masuk dalam fase berkembang biak. Kupu-kupu dewasa akan segera kawin dan bertelur. Kupu-kupu menggunakan makanan yang ditimbunnya pada fase larva dan mengisap nektar dari bunga sebagai tambahan energinya.