7 OLAHRAGA SEDERHANA YANG DAPAT DILAKUKAN DI RUMAH

Mensana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tidak ada sangkalan dalam kalimat tersebut, tubuh yang sehat memang memberikan efek yang positif bagi jiwa. Diam di rumah bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Selain memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh, olahraga mampu mengusir kebosanan selama berada di rumah.

LALU, olahraga seperti apa yang dapat dilakukan di rumah? Berikut ini beberapa di antaranya.

Joging

Siapa bilang joging hanya bisa dilakukan di luar ruangan dengan kelengkapan jogging track? Olahraga joging bisa Anda lakukan dalam ruangan atau di rumah dengan menggunakan treadmill. Agar lebih bersemangat dan menyenangkan, ajak anggota keluarga lainnya untuk joging bersama. jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu dan pendinginan setelahnya agar tidak mengalami cedera otot.

Naik turun tangga

Bagi yang memiliki rumah 2 lantai, tidak ada salahnya Anda melakukan olahraga sederhana seperti ini. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu untuk naik dan turun tangga selama beberapa kali. Lakukan olahraga ini selama 10-15 menit setiap harinya. Melakukan olahraga sederhana ini secara rutin, dipercaya bisa membakar kalori dengan sangat efektif. Bonusnya, setelah masa tinggal di rumah berakhir, tubuh menjadi langsing.

Zumba

Melakukan olahraga yang satu memang lebih mengasyikkan jika dilakukan di pusat kebugaran bersama teman-teman. Namun, dilakukan di rumah pun tidak kalah asyiknya. Terlebih jika ada kerabat yang menemani. Pastinya akan membuat Anda lebih bersemangat melakukannya. Yang perlu Anda lakukan adalah memutar video Zumba dan mengikuti setiap gerakan yang diajarkan pelatih di layar. Lakukan kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Yoga

Melakukan olahraga sederhana yang satu ini di rumah dengan suasana tenang seperti sekarang memang sangat cocok. Sebagai salah satu solusi untuk tetap sehat, Anda bisa melakukan Gerakan sederhana, seperti tree pose, cat-cow, dan mountain pose untuk menghindari cedera lantaran tidak ada pelatih yang mengawasi. Selain itu, Anda bisa melakukan teknik pernapasan yang sederhana (pranayama). Akan lebih asyik jika dalam melakukan olahraga ini ditemani pasangan atau buah hati.

“Skipping”

Skipping juga menjadi salah satu olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah. Alat yang diperlukan pun juga sangat sederhana, hanya seuntai skipping atau seutas tali untuk membantu Anda melompat. Lakukan olahraga ini setelah melakukan pemanasan dan peregangan. Durasi yang disarankan adalah sekitar 15 sampai 20 menit per hari.

Hulahop

Bagi Anda yang mengalami masa kecil dengan bermain hulahop, pastilah sangat menyenangkan. ]ika masih menyimpannya di rumah, tidak ada salahnya Anda menggunakan kembali hulahop tersebut untuk berolahraga. Walaupun terlihat sederhana, bermain hulahop ternyata memiliki efek yang luar biasa. Gerakan pinggul yang dilakukan pada permainan hulahop memiliki manfaat untuk membentuk pinggul yang indah. Sementara bagi pria, bermain hulahop dapat melatih stamina bagian bawah tubuh.

“Push up" dan “sit up"

Push up dan sit up bisa jadi merupakan olahraga ringan yang paling favorit dan banyak dilakukan di rumah. Maklum saja, push up dapat memperkuat otot lengan, sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut. Ajaklah anggota keluarga lainnya untuk melakukan olahraga push up dan sit up ini selama berada di rumah. Selamat berolahraga.