6 TEMPAT YANG PENCINTA FILM HARUS KETAHUI

Sumber: Kompas | Senin, 14 Oktober 2019 | Hal 09
6 Tempat Yang Pencinta Film Harus Ketahui

Bicara tentang film tak sebatas sebagai tontonan dan hiburan. Perhatian yang sama besar juga sepatutnya diberikan untuk ruang produksi, diskusi, literasi, pengarsipan, dan perawatan. Berikut ini adalah 7 tempat pengarsipan film di Jakarta yang wajib dikunjungi pencinta film.

        1. Arsip Nasional Republik Indonesia

Istilah "arsip" tak melulu merujuk pada tumpukan berkas kertas. Bentuknya bisa beragam, Salah satunya dalam bentuk film. Indonesia sendiri sejatinya punya banyak arsip film dan didokumentasikan dengan baik oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANR|).

        2. Perpustakaan Nasional RI

Koleksi arsip perpustakaan nasional Rl memang mengagumkan Tidak hanya buku, ternyata perpusnas juga menyimpan kekayaan intelektual Indonesia yang berbentuk film.

        3. Goethe-Institut Jakarta

Perpustakaan Goethe-Institut jakarta tidak hanya menyajikan beragam acara seminar dan workshop, tetapi juga menyediakan buku dan film dalam bahasa Jerman dan terjemahan menariknya, publik
dapat mengaksesnya di tempat tanpa dipungut biaya.

        4. Pusat Informasi Kompas

Sebagai  salah satu media massa nasional terbesar, Kompas memiliki koleksi arsip yang bisa dikatakan cukup lengkap. Pengunjung yang tertarik mencari referensi terkait film bisa berkunjung ke sini. Sayangnya, di sini tidak ada arsip penyimpanan untuk film itu sendiri.

        5. Sinematik Indonesia

Sinematek  Indonesia (SI) merupakan lembaga nonprofit yang resmi berdiri pada1975. Menjadi lembaga arsip film pertama di Asia Tenggara, Sl menyimpan koleksi film Indonesia kategori film cerita dan noncerita. Tersimpan sekitar 800 judul film dalam format negatif seluloid 35 milimeter dan 1.500-an judul film dalam format positif seluloid 35 milimeter.

        6. Kineforum

Film-film zaman dulu, walaupun Sudan lawas, tetapi punya penggemarnya sendiri. Tak hanya orangtua, anak muda pecinta film pun terkadang menyukai film lama tersebut. Bahkan, bisa dikatakan film itu Sudah dibuat sebelum mereka lahir.