5 Profesi Menjanjikan pada Era Digital

Sumber : Kompas | Kamis, 14 Maret 2019 | Hal 20

5 Profesi Menjanjikan pada Era Digital

Era digital telah mengubah lanskap dunia kerja dan memberikan peluang-peluang pengembangan karier yang baru. Profesi-profesi baru pun, yang dulu belum pernah ada, kini bermunculan dan kian menjanjikan.

BERIKUT ini, sedikit dari profesi yang bisa dijajaki pada era digital.

“Data scientist”

 Data scientist atau ahli data adalah seseorang yang menginterpretasikan data, menarik makna, dan menggunakannya sesuai dengan kepentingan perusahaan. Pekerjaannya berkutat seputar mengumpulkan data yang didapatkan dari saluran-saluran digital. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan yang tinggi, baik dalam ilmu soal perilaku manusia maupun penguasaan teknologi. Tentu saja, seorang ahli data juga dibayar mahal untuk apa yang dilakukannya.


“SEO specialist”

Saat ini, kita mengandalkan mesin pencari untuk mendapatkan informasi yang kita perlukan. Search engine optimizer (SEO) specialist adalah orang yang menganalisis dan mengintervensi kata kunci maupun elemen visual pada situs web sehingga artikel atau konten tertentu lebih mudah ditemukan lewat mesin pencari. Spesialis SEO mengoptimalkan traffic ke situs tertentu dengan meningkatkan peringkat pada mesin pencari.

“Application developer”

Pemakai ponsel di Indonesia saja lebih dari 100 juta orang dan di dalamnya kita bisa menemukan ratusan pilihan aplikasi yang bisa diunduh. Belum lagi komputer atau laptop. Aplikasi menjadi cara baru untuk komunikasi, pemasaran, dan penyebaran informasi. Oleh karena itu, kebutuhan akan pengembang aplikasi semakin urgen. Peran utama pengembang aplikasi semakin urgen. Peran utama pengembang aplikasi adalah untuk membuat komputer mengerjakan tugas yang spesifik, sesuai dengan kebutuhan klien. Pekerjaan pengembang aplikasi meliputi membangun program yang detail, mengombinasikan beragam elemen dalam rancangan program, dan mengetes bagaimana aplikais tersebut digunakan.
 

Digital marketers”

Saluran-saluran digital kini diandalkan untuk berbagai jalur pemasaran. Di sinilah peran penting pemasar digital. Orang dengan profesi ini bertanggung jawab mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengelola kampanye yang mempromosikan sebuah perusahaan; produk, atau jasa tertentu. Ia memegang peranan penting untuk meningkatkan brand awareness pada kanal-kanal digital, sekaligus mempertinggi traffic.

“Influencer”

Pesatnya perkembangan media sosial memungkinkan tumbuhnya profesi yang kini sangat populer ini, influencer. Influencer adalah orang yang punya kekuatan untuk memengaruhi audiens tertentu karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau relasinya dengan audiens mereka. Perusahaan kerap bekerja sama dengan para influencer untuk menyebarkan gagasan terntetu atau memasarkan produk. [NOV]