Millennial Nusantara, Siapa Mereka?

Sumber: Kompas : Sabtu, 28 April 2018

Millennial Nusantara, Siapa Mereka? 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2020 diproyeksikan proporsi angkatan milenial Indonesia akan mencapai 34 persen dari total penduduk, Artinya, Wajah Indonesia ke depan ditentukan oleh generasi milenial, ”generasi yang lahir tahun 1981-2000”.

Generasio yang juga disebut generasit Y ini , tumbuh seiring berkembangnya teknologi infomasi, khususnya internet dan gawai. Hal inilah yang membedakan mereka dari generasi sebelumnya.

Dalam Buku Millenial Nusantara: Pahami Karakternya, Rebut Simpatinya (Gramedia Pustaka Utama, 2017), kedua penulis, Hasanuddin Ali dan Lilik,Purwandi, mengutip hasil penelitian Alvara Research- Center, lelnbaga penelitian sosial tentang karakter milenial' Ada tiga karakter utama, yang dimiliki generasi ini. Karakter pertama adalah connected. Generasi milenial selalu mengupayakan dirinya terhubung, dalam arti bersosialisasi dengan teman atau oranglain, baik di dunia nyata ‘manpun duniamaya; Karakter kedua, Creative, berpikir out of the box, kaya ide, multitasking, dan mampu berkomunikasi. Karakter ketiga, confdence, percaya diri dalam mengemukakan pendapat.

Hasild riset juga memotret pandangan keagamaan para milenial yang cenderung lebih Inoderat, Terlihat dari persentase antara yang berpikir realistis (66,7 persen) dan yang konservatif (3,9 persen). Dalam konteks situasi politik, terungkap mayoritas milenial (53 persen) bersikap optimistis, hanya sedikit (26 persen) yang pesimistis. Mereka juga yakin prospek stabilitas geopolitik Indonesia ke depan lebih positif.

(AFN/LITBANG KOMPAS)