Para lnovator di Balik Revolusi Digital

Sumber: Kompas| sabtu, 3 Februari 2018 | Hal 25

 

Para lnovator di Balik Revolusi Digital

Tak banyak yang tahu, di   balik perkembangan teknologi digital ada sejumlah inovator kunci yang tak banyak dikenal. Cikal bakal komputer, misalnya, berawal pada 1837 saat Charles Babbage menerbitkan makalah mengenai komputer canggih. Namun, idenya baru terwujud seratus tahun kemudian. Howard Aiken menemukan sejumlah roda kuningan milik Babbage di loteng pusat , sains Harvard. Mesin peninggalan Babbage inilah yang kemudian menjelma menjadi cikal bakal komputer modern Mark 1 produksi IBM.

Di Jerman, Konrad Zuse membuat komputer berupa kalkulator berkarakter biner. Kalkulator ini bisa membaca perintah dari struk berlubang. Selain inovator-inovator populer seperti Steve Jobs dan Bill Gates, para inovator yang kLu‘ang mendapat panggung, seperti Zuse, ini dibahas dalam buku The Innovators karya Walter Isaacson CBentang, 2015). Isaacson melnaparkan revolusi teknologi dan mengungkap para tokoh penting sejarah teknologi digital.

Augusta Ada Lovelace disebut sosok visioner pertama yang mendeiinisikan komputer modern. Ada hidup di Zaman yang sama dengan Charles Babbage. Berlatar belakang putri penyair

Lord Byron, Ada mampu menerjemahkan matematika yang rumit ke dalam narasi-narasi yang mudah dimengerti. Salah satu wacana besar yang digulirkan Ada adalah tentang kecerdasan buatan. Mampukah mesin berpikir? Menurut Ada tidak. Ada juga memprediksi, suatu saat komputer menjadi' mesin gindah yang tidak hanya memanipulasi bilangan, itetapi juga menghasilkan musik, mengolah kata-kata, dan mengombinasikan berbagai simbol. Ada menyebut perpaduan teknologi dengan kreativitas ini sebagai sains yang puitis. (IGP/LITBANG  KOMPAS)