Lima Prinsip Eksekusi

Sumber : Kompas | Sabtu, 08 April 2017

 

Lima Prinsip Eksekusi

Mengapa banyak organisasi yang telah mernbuat rencana  atau strategi hebat tetapi gagal meraih sukses? Menurut pengamatan Berny salah satu penyebabnya adalah banyak pemimpin yang hebat memformulasikan rencana tetapi tidak paham soal bagaimana eksekusinya. Banyak pemimpin yang menganggap penting rencana dan 'meremehkan eksekusi. Padahal, menurut Berny baik strategi  maupun eksekusi sama pentingnya.

Strategi dan eksekusi berkaitan dan berpengaruh satu sama lain. Ekekusi merupakan sebuah prinsip dan proses yang memungkinkan organisasi mewujudkanstrategi kedalam tindakan (hal 130).

Berny mengungkapkanl hal terebut dalam buku The 5 Principles Excellent Execution (Gramedia Pustaka Utama, 2015). Ditulis beriama tim dari BusinessGrowth,  buku ini memperlihatkan rahasia sukses setiap strategi dan perencanaan dengan mengedepankan  lima prinsip dasar dari eksekusi yang prima (excellent execution),prinsip yang disebut sebagai 5K, yaitu kolaborasi, kejelasan,kapabilitas, komunikasi, dan komitmen. Kolaborasi merupakan prinsip yang pertama dan inti dari kelima prinsip  Tanpa kerj a sama dan keterlibatan tim dalam menerapkan prinsip lainnya tak akan tencapai tujuan organisasi.

Ia menawarkan 5K   berangkat dari pengamatan dan pengalaman melihat banyak organisasi yang gagal dalam melakukan eksekusi. Ada banyak hambatan yang menjadi penyebab teradinya kegagalan ini, seperti tidak adanya kerja sama dalam tim,organisasi tidak memiliki tujuan yang jelas, tidak mengetahui apa tindakan yang akan dilakukan, tidak ada monitoring, dan tidak ada yang bertanggung jawab. (RPS/LITBANG KOMPAS)