9 Jurus Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

9 Jurus Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

 

Saya mau share salah satu materi di Buku 9 jurus meningkatkan Penjualan Saat Ramadhan yaitu mengatur waktu agar closing selalu, siap-siap catat dan sama-sama belajar ya..

Banyak yang sudah mulai terjun jualan agak kesulitan dalam mengatur waktu. Apalagi yang masih nyambi sana nyambi sini, Nah ini nih yang menyebabkan, kebanyakan bingung dalam menentukan kapan jadinya waktu saya jualan, hehe.

Belum lagi saat bulan Ramadhan, tiap ibadah kayaknya sayang bgt jika kelewatan dengan pahala yg berlipat. Untuk itu kita harus memanfaatkan waktu agar ibadah dan jualan bisa seimbang

Apa aja sih yang perlu diperhatikan saat memanajemen waktu dengan baik?

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur waktu.

MENENTUKAN SKALA PRIORITAS

Seperti dijelaskan di awal, pasti prioritas kita yang paling pertama adalah Tuhan, Allah SWT. Karena tujuan kita diciptakan adalah untuk beribadah pada Allah SWT.

Prioritas berikutnya yaitu keluarga, saya yakin Anda sekarang memulai bisnis salah satu motivasinya adalah ingin membahagiakan keluarga. Tapi bagaimana mereka bisa bahagia, jika sehari-hari saja Anda lebih sering memegang handphone daripada tangan istri, suami atau anak Anda

Kalau merasa kesentil dengan tulisan di atas, maka sebenarnya saya juga, hehe. Bisnis boleh saja, tapi jangan sampai melupakan keluarga.

Terakhir, tentukan prioritas untuk jualan. Saya selalu terngiang-ngiang dengan sebuah pernyataan ini “bahwa kita bisa saja terlihat sibuk, namun belum tentu sibuk yang produktif”.

Spamming sana-sini di kolam prospek orang, bukannya membuahkan closing eh malah dicaci dan diremove sana-sini. Sibuk tapi ngga produktif, malah jadi destruktif.

MEMILIKI TARGET JELAS

Target yang jelas merupakan hal yang penting sekali Anda miliki jika ingin waktu yang dihabiskan bisa efektif dan efisien. Angka target yang jelas juga bisa memotivasi Anda untuk melakukan apa saja untuk meraihnya. Misalnya Anda punya target Rp 10 juta

Dengan begini Anda bisa mulai mengukur apa saja yang bisa saya maksimalkan untuk mencapai target saya tersebut. Beberapa strategi yg bisa Anda lakukan:

1.  misalkan untuk mendapat 10.000.000 Anda harus menjual lebih dari 100 buku (100 pcs x Rp. 99.000 = Rp. 9.900.000) maka targetkan closing 120 buku

2.  Jika punya satu reseller bisa closing minimal 2 buku, maka saya harus punya 100an Reseller, karena yang efektif jualan hanya 30%-nya sisanya mungkin hanya beli untuk sendiri.

3.  Untuk punya reseller, bisa rekrut melalui Facebook dengan memberikan penawaran khusus seperti komisi dan bonus.

4.  Reseller dibuat grup di Whatsapp untuk edukasi produk, ketentuan komisi dan bonus, cara pemesanan dan info jadwal dan status pengiriman.

5.  Target closing dari Reseller 100 buku dan closing sendiri 20 buku.

Nah makin kebayang kan sekarang..

MEMBUAT JADWAL HARIAN

Karena buku bisnis merupakan produk yang mid-involvement, alias produk yang perlu ada edukasi dulu sebelum dijualin, maka cara Hard Selling kurang efektif dilakukan. Perlu edukasi dulu  di awal, mengubah market yang tadinya jadi cold market menjadi warm market.

Berikut ini schedule yang biasa dibuat oleh reseller-reseller ednostore yg menghasilkan banyak closing:

Daftar Kegiatan Penjualan Menggunakan Reseller

1.  Tanggal 1 – 3 Fokus rekrut Reseller di Facebook arahkan ke Whatsapp.

2.  Tanggal 4 – 5 Sharing di Grup Reseller tentang informasi produk, amunisi jualan, penjelasan pembagian komisi plus bonus dan cara pemesanan.

3.  Tanggal 6 – 13 fokus follow up Reseller agar semangat jualan, via grup atau japri.

4.  Tanggal 14 – 15 buat line up (list nama yang sudah pesan dan transfer) di grup Reseller biar mereka makin semangat, karena closing paling tinggi disaat penutupan.

5.  Tanggal 16 rekap penjualan, pengumuman komisi dan pembagian bonus.

Daftar Kegiatan Penjualan dengan Kolam Prospek

1.  Tanggal 1 – 3 Maksimalkan Facebook dengan rutin add friend target market, interaksi, sharing materi atau tips yang terkait isi buku

2.  Tanggal  4 – 5 share lead magnet, berupa materi kulwa di grup whatsapp gratis

3.  Tanggal 5 – 6 masukkan prospek ke dalam grup dan mulai kulwa 1 plus diskusi (interaksi)

4.  Tanggal 7 – 8 tawarkan mereka untuk jadi reseller, masukkan ke grup

5.  Tanggal 9 – 10 sharing kulwa 2 plus diskusi

6.  Tanggal 11 – 12 Broadcast anggota prospek hard selling

7.  Tanggal 13 – 15 Follow up dengan teknik Closing

 

Gunakan Waktu Primetime

Ngga mesti Anda pegang handphone setiap detik setiap menit untuk ngecek chat atau postingan facebook. Cukup lakukan itu semua di waktu-waktu primetime, wah waktu apaan tuh?

Yang sibuk dengan kegiatan bukan hanya Anda, tapi semua calon pembeli Anda juga. Mereka sibuk bekerja, menjadi ibu rumah tangga, atau kuliah bagi yang mahasiswa.

Nah itulah waktu primetime, waktu dimana banyak orang membuka handphone untuk melihat sosial media atau chattingan mereka.

Jam primetime sejauh ini terjadi saat pagi sekitar jam 7-8 dimana orang masih dirumah sebelum berangkat beraktifitas. Kemudian jam 12-13 siang, saat mereka beristirahat makan siang atau beribadah.

Terakhir waktu malam, dimana mereka selesai beraktifitas yaitu sekitar jam 19-20. Nah manfaatkan waktu ini untuk berpromosi atau melakukan kegiatan jualan lainnya.

Manajemen Konten

Nah yang paling banyak waktu Anda adalah biasanya mempersiapkan konten untuk jualan. Entah itu postingan, copywriting atau poster untuk jualan.

Anda bisa maksimalkan waktu malam, ketika semua urusan telah selesai. Bisa juga waktu pagi, Anda bisa bangun awal untuk menyiapkan amunisi untuk jualan. Anda juga bisa menyediakan waktu khusus perminggu misalnya, untuk menyiapkan konten selama 7 hari kedepan.

Perkuat Teknik Jualan

Pelajari bagaimana caranya memperoleh banyak prospek dan mengelolanya, agar penjualan bisa tidak cuma terjadi sekali tapi berkali-kali. Cara membuat kalimat iklan atau promosi yang menjual, jangan sampai sudah menyiapkan kalimatnya berjam-jam eh setelah disebar malah dianggap spam.

Plus jangan lupa pelajari tentang membangun reseller dan mengelolanya, dengan begini Anda bisa closing banyak dalam waktu singkat.

Alhamdulillah, beberapa ilmunya bisa Anda dapat dalam buku ini. Ini hanya sebagian kecil materi yg saya share di dalam buku Ramadhan ini.  Silahkan dipelajari dan dipraktekkan yaa, semoga bermanfaat..